Selasa, 25 Oktober 2016

Kuliner Jawa Tengah

19-20 Oktober 2016

Kalo disuruh milih daerah mana yang paling enak buat menenangkan pikiran dan santai jawabannya adalah JAWA TENGAH!!! Jawa Tengah manapun (Solo, Jogjakarta, Semarang, Tegal,dll) paling pas banget buat jalan-jalan yang santai, adem, sunyi, dan pastinya masih Indonesia banget loh...Kalo disuruh kesana lagi mau banget, tapi kalo untuk tinggal lama disana kayanya bakal kesepian sih. Okee...yang mau dibahas disini sebenernya makanan, makanan, dan makanan (hahahaha) sekaligus suasananya juga.

Kemarin perjalanan dari Cirebon ke Solo sekitar 8 jam dan itu udah sama berhenti buat isi bensin dan makan.

SOLO

1. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
"Jangan komentar apa-apa sebelum cobain rasanya." Mungkin itu semboyan buat makanan-makanan yang ada di pinggir jalan ya (hahaha). Begitu sampe tempatnya sih masih sepi banget alias baru buka juga (open pkl. 16.00 WIB) dan tempatnya pun biasa aja walaupun luas. Karena gak ada orang lain lagi, jadi lebih milih duduk didepan penjualnya sih (sebenernya biar deket lauk-pauknya, kalo nambah kan gampang). Lauk-pauk yang terpampang didepan mata pun keliatannya gak terlalu nikmat ya, terkesan biasa. Begitu pesen mau apa aja isinya dan makan....enak banget (beneran enak loh dan gak boong deh). Nasi liwet ini isinya nasi, telur pindang, suiran daging ayam, dan kuah sayur labu siam (ini yang bikin nasi liwetnya enak banget). Dan ada satu tambahan lagi disini bisa pake kelapa santan juga (kalo yang gak suka sih ga usah pake). Emang isinya sih sedikit (mungkin bisa makan 2 sampe 3 porsi sih harusnya). Ibunya sih awalnya mukanya jutek- jutek gitu, mungkin gara- gara kami katro semua serba difotoin (hahaha...demi bikin cerita di blog ini). Lama-lama sih akhirnya bisa nerima. Harga nasi liwet ini berkisar Rp 10.000 - 20.000. Yang pasti kalo ke Solo jangan ketinggalan deh makan menu ini. Duh, jadi pengen makan lagi.....

Lauk- pauk disini terdiri dari ayam, telur pindang, sayur labu siam dan lain-lain.
Nasi + setengah telur pindang + kuah dan sayur labu siam + suiran daging ayam = JAWA TENGAH banget
Nah ini dia nasi liwet yang plus kelapa santan (enak juga loh)
Ini dia penjualnya, diatas etalase ada ceker lunak dan enak juga.
2. Bakso Tengkleng Mas Bambang
Sebenernya gak ada kepikiran makan bakso di Solo (terpaksa karena gak ada lagi makanan yang buka...sedih). Jam 8 malem baru keliling- keliling cari makanan dan udah sepi banget jalanannya (ouemji). Cari timlo enak, soto Bu Hadi, serabi notosuman, orion udah tutup semua (hoshhh). Dan akhirnya dapet makanan jam 9 malem di Bakso Tengkleng ini (untung masih buka). Langsung pesen bakso tengkleng dan misokleng (mie baso tengkleng) dan ternyata tengkleng itu iga sapi (oooo...baru tau). Bakso tengkleng nya enak dan lebih enak dari misoklengnya sih. Isi bakso tengklengnya ada iga sapi, bakso, dan bihun (tergantung selera). Mie baso tengklengnya biasa aja sih kalo menurut selera gue. Lumayanlah daripada gak makan sama sekali. 

Bakso tengkleng isinya ada bihun, iga sapi, dan bakso pastinya.
Bakso tengkleng dan mie baso tengkleng
Misokleng (mie baso tengkleng)



3. Soto Ayam Gading I
Pagi- pagi sebelum ninggalin Solo enaknya kuliner lagi. Awalnya pengen makan soto Bu Hadi (menurut rekomendasi temen), tapi apadaya ituh soto dicari dari kemarin gak jual-jual *nangis*. Akhirnya ada orang bilang makan soto gading aja itu juga enak. Dan dipilihlah satu tempat soto gading dan rame sih tempatnya. Soto gading itu ternyata soto yang kuahnya bening dan isinya nasi dan daging ayam (sederhana banget tapi enak). Kalo menurut gue pribadi sih sotonya enak (kuah kaldunya itu loh) walaupun gak istimewa. Harganya sangat-sangat murah Rp 8.000 (hello..jaman sekarang jarang-jarang makanan harga segitu). Dan di meja masih banyak lauk yang bisa kita comot-comot (tapi bayar) buat jadi pelengkap makan soto bening ini.\


Soto bening yang isinya hanya daging ayam dan nasi.


SEMARANG

4. Loenpia Gang Lombok
Gatau sih mana yang bener lumpia atau loenpia (hahaha) yang pasti loenpia disini enak dan di samping- sampingnya banyak makanan juga (aku suka yang begini). Tempatnya ada di deket vihara dan deket jembatan. Satu biji harganya Rp 15.000 (makanan Jawa Tengah murah dan enak...jadi senang). Disini sedia loenpia basah dan goreng, isi loenpia nya ada bung, telur, dan lain-lain. Jujur makan loenpia ini gak terlalu dinikmati dan diperhatiin karena ada orang ganteng di depan gue (tapi loenpia nya enak banget, jadi lebih enak banget banget karena ada orang ganteng...hahaha). Saos loenpianya pun enak dan dikasih side dish juga. Jangan tanya bisa dibawa pulang gak karena jawabanny udah pasti bisa dan langsung beli 5 pak loenpia (Ya Tuhan...kalo dipikir-pikir banyak juga ya).

Loenpia Gang Lombok (udah terkenal ini enaknya)
Ini side dish nya, yang kambing, yang kuat pedes bisa dimakan semua cabenya.
Loenpia nya mantap abis lah..
ps. mau makan loenpia dulu ya...masih ada

BATANG

5. Nasi Megono Sambel Setan Pak Amat
Tempatnya ada di sekitar alun-alun Batang dan disekitar alun-alun juga banyak penjual makanan. Duduknya pun lesehan dan nasi megononya udah dibungkusin daun-daun, jadi kalo mau makan tinggal ambil aja dan lauk- pauknya udah ada di atas meja. Ada sate telur, sate cecek, usu, dan lain-lain. Nasi megono itu ternyata nasi plus remahan tempe pedes. Waktu itu cuma nyicip dikit sih dan lumayan rasanya apalagi plus pake sambel makannya.

Lauk-pauk yang bisa dinikmati selain makan nasi megono.
Nasi megono plus sambal





LOSARI

6. Lontong Sayur
Perbatasan Jawa Tengah sama Jawa Barat ini gak kalah hebatnya loh makanannya. Awalny sih udah ah gak sanggup makan lagi (udah ronde ke berapa nih hari ini???). Akhirnya ngalah karena aroma dan liat orang lain makan akhirnya ikutan pesen juga. Dan setelah makan gak ada penyesalan sama sekali makan lontong ini, enak banget!!! Isi lontong terdiri dari telur pindang, lontong, mie, daging ayam, potongan tahu tempe. Telur pindangnya pun gue sampe makan 2 biji (khilaf maakkk). Dan katanya sih disini sate kerangnya enak banget, sayangnya udah abis (syedihhh). Walaupun tempat makannya pun di pinggir jalan dan ngemper alias gak pake duduk di kursi. Nikmat loh malem-malem makan ini.

Foto nya gak nikmat tapi rasanya gak usah ditanya deh, wajib cobain.
ps. kartu nama penjualnya segera di upload (sampe minta kartu namanya loh)


"Don't judge by the cover"
Makanlah selagi bisa dimakan dan tidak dilarang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar