Rabu, 12 Oktober 2016

Kuliner Tegal (Jawa Tengah)

Haloha Food Lovers....
Mungkin ini cuma beberapa aja si makanan yang hari ini gue makan karena tiap ke Tegal selalu harus wajib kudu makan makanan ini (kalo lagi gak pengen makan ini ya berarti emang lagi bosen).
Lebih nikmat aslinya daripada apa yang kamu lihat di foto.

1. Soto Gombyang Pak Toli (Jalan Teri agak belakang, dekat RM.Sedap)
Sebenernya sih lupa waktu kecil pernah makan ini gak ya atau gak gitu suka makan-makanan yang beginian (udah lupa, maklum udah tua), mungkin lidah juga udah beda karena udah tinggal di jawa Barat. Beberapa kali diajak makan disini cuma pengen nemenin aja karena liat bentuk makanannya pun udah gak nafsu makan. Tempatnya pun kecil kaya warung indomie gitu kali ya tapi sering rame kalo kesini (gimana mau nafsu makan). Nah, hari ini akhirnya gak terlalu rame (masih ada tempat duduk) dan mem-berani-kan diri buat makan makanan yang satu ini. Karena belum tentu suka dan habis, jadi pesennya setengah aja. Ini dia penampakannya :

Ini sate daging enak banget (gak cobain yang lain karena emang gak suka usus sapi,dll nya).
Bumbunya sadap.
Sotonya pas banget di foto pas masih ada kepula asapnya (hahaha). #penting
Rasa nya manis tapi gurih (udah cobain sendiri aja).

Setelah makan ini baru tau deh kenapa pada suka makanan ini. Awal pertama cobain sate dagingnya sih berasa aneh, tapi gigitan selanjutnya sih ternyata enak banget loh. Selain sate daging, ada juga sate usus dan date babat. Soto nya juga anget-anget gimana gitu, pas banget lagi hujan makan soto ini. Isi soto ada nasi putih (ini yang bisa satu atau setengah tergantung lagi diet atau gak), daun bawang, bumbu soto, dan pastinya daging sapi. Rasa sotonya gurih manis tapi kalo orang yang suka manis kadang bumbu kuah yang ada di pring satenya dicampur sama kuah soto (sadap banget). Makan soto gombyang ini 6 orang dan 15 tusuk sate cuma Rp. 150.000,-.

2. Ponggol Setan cabang Ibu Atun (Jl. Proklamasi, tegal)
Kalo makan disini langsung tempatnya lesehan dan remang- remang. Yang di jual disini pastinya nasi ponggol, gorengan (tempe mendoan dan tahu). Nasi ponggol ini sih utamanya terdiri dari nasi putih + orek tempe (bumbunya beda dari orek tempe biasa) dan lauk yang lainnya boleh nambah sesuai selera yang dibungkus daun pisang.
Ini isi nasi ponggol bisa pake telur, ayam kuning, ayam cabe, dan orek tempe.
Nasi Ponggol + telur + daun bawang rasanya cetar.
Mungkin ini kayak nasi + lauk- pauk biasa, tapi gak itu diatas nasi, disebelah telur, dan dibawah bawang goreng ada semacam orek tempe yang bumbunya enak banget. Biasa makan nasi ponggol ini sama gorengan tempe mendoan dan tahu (sadaaaaaappp).

3. Ayam Kodok di RM. Dewi (alun-alun Tegal)
Kalo ini karena ayam nya dibawa pulang, jadi harus dalam keadaan beku dan besoknya harus langsung dikukus (biar gak rusak kata penjualnya). Ini dia penampakan ayam kodok nya... (enak banget dan harus coba!!!)

Jreng-jreng!!! Ini dia isi ayam kodoknya (enak banget!!!)

Rasa daging dan kuahnya pas banget.
Penampakan ayam utuhnya (maaf ya ayam). Rasa kaldunya enak banget.


Sejujurnya pas makan ini udah gak inget lagi ada isi apa aja di dalemnya (pas lihat foto di atas baru inget isinya), karena enak banget jadi berasa lupa segalanya (hahaha).


"Selamat menikmati jalan- jalan dan makan karena hidup cuma sekali."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar